Cara Mengetahui Ponsel Asli atau Tidak - Cek IMEI

Posted by


Semakin banyaknya beredar ponsel ilegal, terutama ponsel pintar. Pemerintahpun sekarang mulai melakukan penekanan terhadap ponsel ilegal tersebut dengan bekerjasama melalui Operator dan lalu mendeteksi IMEI ponsel untuk pemblokiran sinyal. Dengan IMEI juga kita dapat mengetahui apakah smartphone yang kita beli palsu atau tidak.

Tentu saja kita harus teliti kalau tidak ingin dirugikan dengan salah beli ponsel, entah itu ponsel ilegal, racikan, atau tiruan (SuperCopy). Memang sebagian orang ada yang sengaja beli ponsel-ponsel tersebut dengan alasan harga yang murah, tapi ingat konsekuensinya bisa jadi kita tidak bisa lagi menggunakan untuk sms/menelpon karena sinyal di blokir, juga kerugian beli ponsel racikan dan supercopy adalah mudahnya rusak dan sulitnya di perbaiki.

Baiklah berikut tips bagaimana cara kita mengetahui keaslian ponsel atau gadget lainnya.

Saya bagi 2 langkah:

1. Mencocokan No. IMEI
- Cek IMEI di ponsel dengan cara mengetik *#06# pada layar stanby.

- Cek IMEI di kotak ponsel, biasanya terletak di bawah atau samping.

- Cek IMEI di belakang ponsel di tempat baterai, buka tutup belakang, cabut baterai, maka kamu akan melihat IMEI juga nama tipe ponsel.

Jika IMEI yang tertera pada tiga tempat tersebut berbeda, maka ponsel tersebut adalah hasil racikan dan tentu produk ilegal. Dan jika IMEI menunjukan angka yang sama maka kita lanjut ke langkah ke-2.

2. Cek Kebenaran IMEI Terhadap Perangkat
Pada langkah pertama kita sudah mengetahui cara melihat IMEI, catat IMEI tetsebut.
Buka halaman www.imei.info, masukan nomer IMEI lalu klik check.
Jika asli akan muncul informasi lengkap sesuai dengan ponsel yang kita miliki. Tapi jika tidak, maka akan muncul invalid imei dan atau muncul informasi perangkat lain yang tak sesuai dengan perangkat yang kita miliki.



Androidpacked Updated at: 23.22

23 komentar: